Sebelumnya maaf, saya bukan seorang brand konsultan, motivator atau apalah :D .. Cuman ingin share saja karena memang sebagian orang menganggap bahwa sebuah “personal branding” adalah sesuatu yang ‘tidak penting’ dalam arti kebanyakan orang berpikir bahwa ‘personal branding hanya untuk orang-orang super profesional antara kelas menengah ke atas’ jadi imbas nya meng”eklusifkan” pentingnya personal branding dan melupakannya.
Lalu seberapa pentingkah personal branding?
Mau tidak mau di era ‘rimba kompetensi’ saat ini setiap orang dituntut untuk mempunyai skil atau keahlian, dan seperti yang kita FAHAMI bahwa keahlian tersebut menjadi ‘alat’ buat cari duit.. hehe :D , maksudnya begini, klo kita mendengar nama “Romi Ravael” apa yang anda pikirkan? Atau “Bob Sadino”? atau “Ono W Purbo”… hmm, pastinya yang pertama ada pasti teringat dengan seorang pakar mentalis, yang kedua seorang pengusaha “gila” :D , dan yang terakhir seorang pakar IT. Nah kesan pertama orang terhadap kita itu lah penting nya, karena dengan begitu akan menimbulkan “suatu bentuk harapan dalam pikiran orang lain tentang apa yang akan mereka dapatkan ketika mereka bekerja dengan Anda” ujung-ujung nya akan memudahkan anda cari duit :P dan hal-hal positif lainnya. Mengutip dari bukunya “The Branding Called You. Mc Graw Hill” disana disebutkan apa itu personal branding :
Personal Branding adalah merupakan kunci untuk membangun dan menghasilkan jutaan orang-orang yang profesional. Personal brand digunakan sebagai alat untuk membentuk pandangan orang lain kepada diri anda. Apabila personal branding digunakan dengan benar, dengan kreativitas, perencanaan, dan konsistensi, maka dapat dipastikan anda akan memiliki suatu merek pribadi yang dapat membantu anda melakukan tiga hal:
(1) Membangun nama dan memberikan gambaran kepribadian anda pada orang lain, dimana dari kedua hal tersebut akan memberikangambaran yang memang dibutuhkan dari anda. (2) Memberikan ketertarikan dan penjelasan yang lebih jelas dan bisa menguntungkan klien. (3)Membantu Anda mempertahankan klien anda, bahkan ketika bisnis sedang berjalan lambat bagi orang lain.
Cara pandang orang lain terhadap kita itulah intinya, bagaimana mereka memposisikan diri kita sebagai ‘seseorang’… misal lagi : apa yang anda pikir ketika mendengar izzi tea … orang yang tiap hari nongkrongin Monitor, suka motor dan tukang Molor (tidur dlm bahasa sunda :D ), ketika anda tahu siapa izzi tea maka jika ada sesuatu yang berhubungan dengan monitor (komputer), Motor dan Molor… ga jauh2 akan di obrolin sama izzi tea J dan ujung2 nya akan memudahkan kita dalam hal networking/jaringan, entah itu jaringan usaha, hobby atau apalah yang berefek positif
Nah setelah kita memahami pentingnya personal branding, tentunya kita memerlukan suatu ‘alat’, ternyata ‘alat’ tersebut banyak macamnya.. peng-implementasian nya pun dengan berbagai media, seperti buku dll… terlebih lagi saat ini, Internet merupakan salah satu alat yang sangat efektif dan efisien untuk membangun sebuah Personal Branding.
Kenapa Blog?
Sebenarnya banyak media untuk membangun sebuah Personal Branding di Internet, bisa lewat social network, forum diskusi dll… tapi ada 1 media yang cukup ampuh dan lebih Profesional :P , yaitu Blog.. Seperti yang kita ketahui awal muasalnya blog hanya menjadi ajang diary Online, tetapi dengan berkembangnya Blog kini kehadirannya menjadi multi fungsi, diary online.. OK, social network .. OK, tempat cari duit .. OK. Kayanya ga usah di obrolin panjang x lebar kenapa Blog menjadi sarana yang ampuh sebagai media personal branding, langsung saja kita ngobrolin kisah sukses para bloger, karena dengan begitu kita akan lebih termotivasi lagi :D … Raditya Dika, salah satu seleb blog sukses yang saat ini sudah tidak diragukan lagi ke popularitasnya dan “ngapraknya” ke mana-mana, film sudah, presenter sudah.. tinggal main sinetron yang belum… hehehe, kisah sukses lainnya saya dapatkan dari blog nya p.arif maulana disana dikisahkan perjalanan karir pendiri ilmukomputer.com (Romi Satria Wahono)..
“Pada awal karirnya, keinginan untuk menjadi dosen tinggi sekali. Namun ketika mencoba melamar di berbagai perguruan tinggi beliau selalu ditolak mentah-mentah (walaupun pada akhirnya gantian Romi yang menolak berbagai tawaran yang datang memintanya menjadi dosen).
Sebagai seorang lulusan di bidang IT (information technology), Romi tidak serta merta membiarkan keahliannya. Pada saat kuliah di Jepang, beliau pun mencoba menjalankan bisnis online gaya lama ala E-Bay (menjual barang bekas lewat situs yang dibangunnya). Cukup laris juga mengingat kemampuan di bidang disain grafis juga sangat tinggi hingga bisa memoles gambar dan membuat barang tampak baru.
Sekembalinya di tanah air, karir Romi Satria Wahono mulai menanjak ketika dia mendirikan www.IlmuKomputer.com (silahkan dibuka sendiri). Disamping itu, bagian terpentingnya adalah ketika Romi membangun personal brandingnya lewatwww.RomiSatriaWahono.net.
Di dalam kedua situs tersebut, Romi menjual kompetensi intinya. Akibatnya banyak orang yang mulai mengenal siapa Romi sebenarnya. Puncak dari semua itu adalah, Romi menjadi jauh lebih terkenal dan sering diundang mengisi berbagai acara yang memang sesuai dengan kompetensinya. Padahal di luar sana banyak orang yang ilmunya sebenarnya jauh lebih baik dan lebih tinggi dari Romi. Dahsyat bukan efeknya. Lihat saja bagaimana publikasi terhadap Romi Satria Wahono. Dan kini ketika kita berbicara tentang rekayasa software engineering, maka nama yang akan dikenal dan dikenang di penjuru nusantara adalah Romi Satria Wahono.”
Semoga 2 kisah sukses tersebut bisa memberi gambaran yang teramat jelas kepada kita bagaimana efek sebuah blog bagi pengembangan diri kita, entah itu pengembangan kepribadian, pengetahuan dan Duit :D
Dan harapannya juga dengan adanya izzimedia.com bisa memberikan mamfaat pengembangan diri, ilmu khususnya bagi sang empunya.
Ada yang kelupaan.. Pertanyaan selanjut nya ialah : bagaimana membuat web personal/blog menjadi media Personal Branding. Hmm. Walaupun tema ini (bikin web personal) sudah banyak di obrolkan, tapi nanti klo ada kesempatan coba saya share saja.. tentunya dengan pengalaman kegagalan dan kesuksesan diri sendiri ;) .. agar lebih real tulisannya J
0 komentar:
Posting Komentar